Langsung ke konten utama

Belajar Mengelola Uang | Ilmu khusus untuk yang ingin Bebas Financial

Segala aktivitas yang kita lakukan semua bermuara pada goal akhir yang ingin kita raih. Untuk tujuan itulah orang-orang banyak yang mengalokasikan waktu, tenaga, hingga materi untuk meraih itu semua.

Banyak dari kita menginginkan sebuah kesuksesan, yang semua orang punya definisi sukses itu sendiri, berulangkali kita disajikan oleh banyaknya geliat para pemuda daerah yang meraih omzet milyaran dari berbagai Inovasi binsis yang mereka kembangkan.  Punya berbagai Properti, punya usaha batik, kerajinan, tekhnologi dan sebagainya. 

Belajar tentang bisnis sebenarnya belajar tentang Mindset . Karena Mindset seseorang tidak akan berubah jika yang dilakukannya hanya berkutat pada bidang yang sama. 
Jika ingin menjadi Pebisnis yang bebas Financial, ya Mindsetnya juga harus diubah sesuai dengan Prilaku pebisnis. Agak sulit jika Mindset pekerja dan dia belum bisa mengubahnya, selamanya dia akan memiliki pola yang sama dalam setiap aktivitasnya. 

Pagi ini dapat sharing dari pertemuan dengan salah satu Pebisnis yang fokus pada pendidikan juga aktiv dalam dunia financial. Sharing kali ini cukup bermanfaat untuk yang mau bebas financial yaitu  "How to Manage Your Money". Saya belum begitu ngehh dengan persoalan financial, berfikir masalah angka saja masih membutuhkan partner untuk kalkulasinya. Namun sedari kita sadar akan financial kita akan siap dengan segala resiko dimasa yang akan datang. 

Saya akan mulai dari Kenapa kita harus mengelola keuangan kita??
beberapa hal jawabannya : 
  • Memastikan uang yang kita keluarkan sesuai dengan tujuan kita, pernah ngerasain punya uang banyak tapi kok hilang nggk jelas kemana, bahkan jadinya nunggak
  • Persiapan masa depan, untuk perihal ini tidak semua sepakat, dari kawan yang saya ajak diskusi tidak banyak yang tidak memikirkan masa depan. apa yang saya punya dalam artian materi dan waktu ya hari ini jadi saya nikmati.
  • Mengalokasikan pada hal yang tepat.
  • Lebih bijak dalam menyikapi dan menghargai Uang. 
Di pengelolaan uang ada namanya PEMASUKAN dan PENGELUARAN

Pemasukan, intinya adalah segala sumber uang yang masuk menjadi hak milik kita/rekening pribadi. Beberapa sumber salah satunya dari Pak Tung desem, 4 pemasukan yaitu : 
  • Pendapatan Penghasilan, Jika Anda memiliki pekerjaan dan menerima gaji, Anda menghasilkan uang melalui penghasilan yang diperoleh. Itu sama saja seperti Anda menukar waktu dan tenaga dengan uang. Misalnya, ketika Anda bekerja sebagai karyawan sebagai perancang web, kasir toko kelontong, atau petugas kepolisian, Anda akan dibayar sejumlah uang yang telah ditentukan untuk melakukan pekerjaan dalam waktu tertentu. 
  • Bagi banyak orang yang menghasilkan uang melalui pendapatan yang diperoleh, sering kali hanya cukup uang untuk menutupi pengeluaran bulanan saja, sehingga hanya menyisakan sedikit atau bahkan tidak ada uang untuk diinvestasikan.
  • Jika mereka ingin menghasilkan lebih banyak uang, mereka perlu bekerja lebih lama atau melakukan pekerjaan paruh waktu atau freelance.
  • Pendapatan Portofolio, Pendapatan portofolio bisa didapatkan melalui capital gain. Sebagai contoh, ketika seseorang membeli saham di perusahaan dengan harga tertentu, mereka berencana untuk menjual saham yang sama dengan harga yang lebih tinggi di masa depan.
  • Jadi, jika mereka membeli saham pada $ 10 hari ini, dan harganya naik menjadi $ 40 ketika mereka menjual saham itu, mereka mendapat $ 30 dalam capital gain. Selisih antara harga beli dan harga jual merupakan keuntungannya.
  • Beginilah cara pedagang saham menghasilkan uang secara umum. Mereka menginvestasikan uang dalam bentuk saham dengan harapan bahwa ketika harga naik mereka dapat menjual saham-saham yang itu dengan harga lebih tinggi untuk mendapatkan penghasilan.
  • Pendapatan Pasif, Pendapatan pasif adalah pemasukan yang berasal dari usaha seperti properti yang disewakan, kerjasama dengan perusahaan di mana seseorang tidak terlibat secara aktif. Seperti halnya pendapatan aktif, pendapatan pasif biasanya dikenakan pajak.
  • Pendapatan portofolio yang sudah dijelaskan di atas juga dianggap sebagai pendapatan pasif oleh beberapa analis, sehingga dividen dan bunga karenanya akan dianggap pasif.
  • Pendapatan Royalti, Pendapatan ini merupakan imbalan dari seseorang setelah menggunakan ide, atau karya anda. Namun pendapatan ini tidak akan sebesar ketika menggunakan ide atau karya Anda. Misalnya, jika Anda memiliki sebuah desain yang digunakan oleh perusahaan, Anda akan mendapatkan pendapatan royalti untuk mereka.

Jika Anda seorang penulis, Anda dibayar untuk setiap salinan buku yang terjual. Untuk mendapatkan pendapatan dari royalti tentu harus memiliki keahlian untuk menciptakan sesuatu.

tobe continue




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRANS TV dan RCTI TUJUAN UTAMA KUNJUNGAN INDUSTRI !!!

  Dalam rangka menjamin mutu hasil pendidikan, SMK Negeri 2 Kalianda menerapkan model pendidikan bebasis kompetensi yang merupakn ciri khas dari SMK Negeri 2 Kalianda yang digali dari hasil akselerasi kurikulum Spektrum pendidikan yang disusun bersama-sama dengan dunia industri. Dunia IT adalah dunia yang  amat di butuhkan di era globalisasi seperti sekarang  Ini,  bnyak duniakerja membutuhkan  para teknisi-teknisi yang  handal .Apalagi , untuk perusahaan-perushaan   pentingnya menggunsksn fasilitas  internet dalam  menyelesaikan tugas-tugas dari pimpinannya. Hal ini merupakan  sesuatu  yang dipersiapksn Smk Negeri 2 Kalianda. Khususnya untuk Program Studi Teknik Komputer dan Informatika dengan keahlian teknik komputer dan jaringan  yang  merupakan  kompetensi  keahlian yang termuda di SMK Negeri 2 Kalianda. TKJ dirintis pada Tahun Pelajaran 2007/2008 dengan jumlah siswa pada waktu itu 34 siswa. Saat ini TKJ telah meluluskan tiga angka

Akhirnya Come Back lagi to UNDIKSHA Bali

Sekelumit cuplikan , Universitas Pendidikan Ganesha Akhirnya mampu kembali mengudara dalam alunan syahdu kegemerlapan indahnya ramadhan yang belum bisa lepas dalam sanubari ini. inilah hati yang masih rindu ramadhan namun harus segera kembali pulang mengerjakan aktivitasnya yang banyak dinanti orang. Halo sobat Nandar And The Journey ! Setelah sekian lama tidah nge-post ni,, rasa kangen itu kembali datang..! Datang ketika semua orang menantikan tulisan ini ! Kali ini ya gue, aku, ane gan semua mau hadir nyapa kalian semua...!! kesempatan kali ini gua mau share temen semua yang mungkin lupa jalan atau belom pernah sama sekali datangin kampus indah satu ini, gua mau kasih info rute mana saja yang bisa anda lewati untuk bisa menuju UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA,  SINGARAJA,  BALI. Karena gua dari bandung ya rute gua yang pasti dari Bandara Internasional Husen Kertanegara menuju Bandara Internasional Igusti Ngurah Rai, atau orang pade bilang bandar

Kesadaran | Gua Pingin Bahas

Akhir pekan ini gua mengalami kondisi badan yang drop, badan terasa lemas, kepala terasa migrain yang berpengaruh untuk aktivitas gua. Secara human, sebenarnya badan itu bisa memberikan signal kepada pikiran kita, bahwa kondisi mulai tidak stabil, diwujudkan dengan suhu badan yang mulai naik, radang, dan sebagainya, tergantung orangnya. Bisa saja signal itu dibaca dan menimbulkan tindakan pencegahan, bisa berupa mengurangi aktivitas yang cukup berat, atau segera mengkonsumsi makanan atau minuman yang sehat, untuk mengembalikan kondisi badan.  Hanya saja, terkadang acuh tak menghiraukan signal itu, larut dalam aktivitas, larut dalam ambisi, dan sebagainya yang manusia inginkan.  Sehingga berujung pada ketidakstabilan tubuh, atau kita mengenal sakit.  Sakit itu nggak asik, sakit itu dalam bahasa bijaknya ya cobaan dari Allah SWT yang lalai dalam meyikapi setiap aktivitasnya. atau bisa saja itu memang ujian yang tuhan berikan agar kita sadar mengerti bahwa apa yang dilakukan